Periperal Komputer

PERIPHERAL KOMPUTER 

Perangkat I/O yang dicantolkan kekomputer disebut juga peripheral. Diantara peripheral yang paling umum adalah keyboard, unit display, dan printer. Peripheral yang menyediakan penympanan cadangan untuk sistem adalah disk dan pita magnetik. Peripheral merupakan perangkat elektromagnetik yang agak kompleks.
                                Monitor video merupakan peripheral yang sangat umum yang terdiri atas keyboard sebagai perangkat input dan unit display sebagai perangkat output . Ada  beberapa jenis monitor video yaitu CRT(cathode ray tube) dan LCD(liquid crystal display).
Peripheral yang merupakan salah satu peralatan yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan dunia luar dan perangkat pelengkap lainnya.
1.       KEYBOARD
Cara memasukan informasi atau data kedalam komputer yang paling dikenal adalah melalui sebuah typewriter seperti keyboard yang memungkinkan manusia untuk memasukkan informasi alphanumerik secara langsung. Setiap sebuah tombol ditekan, terminal mengirimkan sebuah karakter yang di kodekan secara biner kedalam komputer. Kecepatan pemasukan informasi yang tercepat dengan cara ini  sangat tergantung pada pengetikan manusia.

         Pada umumnya tombol keyboard dihubungkan dengan sebuah matriks baris dan kolom. Setiap tombol mempunya i koordinasi tetap dengan nomor baris dan nomor kolom. Fungsi-fungsi yang dikerjakan oleh keyboard elektronik meliputi:
1.       Pengindraan tombol yang ditekan
2.       Encoding
3.       Mengirimkan kode ke komputer

Keyboard mengikuti teknik standar pengenalan karakter yang dikenal dengan scanning. Ada beberapa jenis tombol keyboard, misalnya:
1.       Mechanical keyswitch
2.       Membrane keyswitch
3.       Capacitive keyswitch

Kode ASCII 7-bit merepresentasikan 5 macam kelompokm kode:
1.       Huruf kapital dan huruf kecil
2.       Angka/numeral
3.       Tanda baca
4.       Simbol-simbol khusus
5.       Karakter kontrol

Kode ASCII 7-bit direpresentasikan kedalam sebuah byte dimana bit MSB(most significant bit, D7) adalah 0. Bit D7 ini dimungkinkan untuk digunakan sebaga parity bit atau untuk perluasan kode.

2.       MOUSE
Mouse adalah perangkat input yang dapat digenggam yang terdiri atas bola karet pada bagian bawah dan satu atau lebih tombol yang terdapat pada bagian atas. Jenis mouse lainnya adalah mouse optik yang tidak mempunyai roda atau bola karet melainkan menggunakan sebuah LED(light emitting diode).

3.       TAMPILAN CRT
Tampilan video atau monitor Terbuat dari perangkat tampilan luminescent seperti CRT(chatode ray tube), atau suatu panel kristal cair (liquid cristal displey,LCD). Dan sirkuit kontrol. Warna yang dihasilkan pada layer ditentukan oleh karakteristik phospor. Pada CRT warna, terdapat 3 jenis phosphor yaitu:Merah,Hijau,Biru.

Keuntungan Monitor CRT
1.       Warna akurat®CRT memberika warna yang lebih kaya dalam berbagai macam dibandingkan LCD
2.       Waktu respons®dapat merespons lebih cepat dari sejumlah LCD yang berkenaan dengan video dan permainan game
3.       Sudut pandang®CRT menyediakan kecerahan (brightness) dan warna dari berbagai sudut pandang
4.       Multi-resolusi
5.       Harga®CRT lebih murah dari LCD

Kekurangan monitor CRT:
1.       Sangat besar dan berat
2.       Menggunakan energi yang besar
3.       Menghasilkan panas yang lebih

4.     TAMPILAN LCD
         Penggunaan LCD misalnya selain terdapat didalam jam tangan, kalkulator, televisi, sekarang ini banyak digunakan untuk komputer netbook. Teknologi LCD untuk monitor komputer ini selain ringan dan tipis juga hemat daya listrik dibandingkan dengan pendahulunya CRT.
Ada 3 evolusi teknologi LCD:
1.       Drives systems
2.       LCD systems
3.       Peripheral technologies

Operasi Dasar LCD
LCD tediri atas susunan atau lapisan seperti sandwich. LCD terdiri atas dua substract yang membentuk sebuah “flat bottle” yang berisi campuran kristal cair.

Struktur LCD dan Proses Produksi
Lcd warna mempunyai struktur yang komponen-komponennya debentuk seperti susunan sebuah sandwich:
1.       Polarizing filter
2.       Glass substrate
3.       Transparent electrodes
4.       Aligment layer
5.       Liquid crystals
6.       Spacer
7.       Color filter
8.       Back lighting

Jenis-Jenis Tampilan
Ada 3 metode dasar yang digunakan untuk menampilkan huruf, angka, dan grafik:
1.       Sistem segmen
2.       Sistem dot matrix (tampilan karakter)
3.       Sistem dot matrix (tampilan grafis)

Prinsip-Prinsip Tampilan Warna
Pada sistem dot matrix, dot merah, hijau, dan biru di peroleh melalui penggunaan filter pada masing-masing tiga warna utama Red(R), Green(G), dan Blue(B). Warna-warna yang lain dapat dibentuk dengan menggabungkannya.

Konfigurasi Tampilan
Konfigurasi tampilan di kategorisasikan oleh posisi relatif dari sumber cahaya. Ada 3 jenis yaitu:
1.       Transmissive type(TV LCD)
2.       Reflectife type(kalkulator LCD, jam)
3.       Projection type(LCD projection)

5.       PRINTER
Ada dua kelompok printer yaitu impact printer dan Non-impact printer.
Impact printer®karakter dicetak berdasarkan kontak fisik(tekanan) antar head(hammer,pin, dan font).
Non-impact printer®tidak ada kontak fisik antara head dengan kertas atau pita.

6.       DISK MAGNETIK
        
         Disk magnetik adalah perangkat untuk penyimpanan informasi yang mendukung kapasitas penyimpanan yang besar dan mempunyai waktu akses yang relatif cepat.

Bahan dasar (substrat) yang terbuat dari glass mempunyai keuntungan :
1.       Permukaannya lebih merata sehingga memberikan keandalan yang lebih baik.
2.       Kecacatan/kerusakan pada permukaan lebih sedikit sehingga menurangi error yang terjadi saat pembacaan/penulisan.
3.       Lebih baik dalam nenangani/ mendukung flying height.
4.       Kekakuannya (stiffness) lebih baik untuk mengurangi/menjaga pengaruh dinamis disk.
5.       Lebih tahan terhadap goncangan dan kerusakan.
Ø  Lebih tahan panas.

1.Mekanisme pembacaan dan perekaman
         Pada Head, terdapat arus listrik i di dalam kumparan (coil). Pendeteksian arah bagian titik yang termagnetisasi dengan pengukuran arus induksi merupakan pembacaan informasi (‘1’ atau ‘0’)
Jenis-jenis perekaman :
1.       Perekaman disk magnetik
2.       Perekaman dengan head terpsisah
3.       Perekaman dengan dual head

Hardis drive mempunyai banyak jenis:
1.       Hardisk drive
2.       Open-loop disk drives
3.       Closed-loop disk drives
4.       Removable disk drive
5.       Fixed disk drive
6.       Moving head drives
7.       Fixed head drives(head per tract)
8.       Single head assembly
9.       Dual head assembly
10.   Winchester disk drives
11.   Non- Winchester disk drives

Fitur utama teknologi Winchester adalah:
1.       Head baca/tulis dan disk ditempatkan dalam suatu tempat yang tersegel
2.       Head melayang berada sangat dekat dengan hard disk sekitar lebih kecil dari 19 mikro inch
3.       Head di parkir pada zona parkir (landing zone ) ketika disk tidak berputar. Head akanmelayang atau mendarat pada lapisan tipis di udara ketika disk mulai start. Tidak ada data yang direkam pada landing zone.
4.       Permukaan disk diberi pelumas untuk mecegah kerusakan pada head atau track.

2.Track Dan Spot
         Permukaan disk dibagi dalam lingkaran-lingkaran konsentrik(lingkaran dalam lingkaran)yang disebut track.
3.Sektor
         lebih jauh track dibagi menjadi sektor-sektor, yang menyimpan sebuah blok data yang dibaca atau ditulisi dalam satu waktun; misalnya, READ SECTOR 782, WRITE SECTOR  5448. Pada setiap track terdapat ratusan sektor.
4.parameter-Parameter Kinerja Disk
Parameter-parameter yang menentukan kinerja suatu disk meliputi seek time, rotational delay, acces time, dan transer  time.

Transfer time ke atau dari disk bergantung pada kecepatan rotasi disk, yang dinyatakan dengan:
T=

Dimana:
T= transfer time
b=jumlah byte yang ditransfer
N=jumlah byte pada suatu track
r=kecepatan rotasi dalam revolusi per detik. Jadi rata-rata jumlah acces time dapat dinyatakan dengan :
Ta=TS+ +

5.Floppy Disk Drive Versus Hard Disk Drive
         Disk drive yang umum digunakan adalah Floppy Disk Drive(FDD) dan Hard disk Drive(HDD).
HDD memberikan kinerja yang lebik baik dari pada FDD karena beberapa alasan:
1.       Kapasitas penyimpanan data yang lebih besar
2.       Waktu pengaksesan data lebih cepat
3.       Kecepatan transfer data(rate) lebih besar
4.       Keandalan operasi lebih baik
5.       Kerusakan/kehilangan data atau error lebih sedikit
Beberapa kosep umum antara FDD dan HDD
1.       Data ditulis dalam bit demi bit pada disk
2.       Untuk penambahan bit data, bit clock juga dirulis pada medium
3.       Data direkam pada track sirkular yang konsentrik
4.       Rotasi disk pada kecepatan tetap
5.       Head merupakan head yang dapat bergerak
Beberapa perbedaan konsep antara FDD dan HDD
1)     Head pada Floppy disk menyentuh permukaan media ketika opersi baca/tulis. Pada HDD, head baca/tulis tidak menyentuh permukaan media ketika operasi baca/tulis. Head melayang diatas disk pada jarak dekat, disebut flying height.
2)     FDD mempunyai maksimum dua head baca/tulis karena diskette mempunyai dua permukaan. Hard disk dapat mempunyai banyak piringan yang ditopang  oleh sebuah proses spindle sehingga HDD akan mempunyai multi-head baca/tulis. Setiap piringan mempunyai dua permukaan, atas dan bawah. Jadi, total jumlah head baca/tulis yang diperlukan dalam HDD sama dengan dua kali jumlah piringan yang dimilikinya.
3)     Mekanisme penempatan head pada FDD menggunakan sebuah motor stepper. Pada HDD tersedia dua opsi yaitu
a)      Mekanisme motor stepper(open-loop disk drive)
b)     Mekanisme voice coil servo(closed-loop disk drive).
4)  Diskette pada FDD diputar pada kecepatan rendah, biasanya pada 300 rpm atau 360 rpm. Sedangkan piringan pada HDD diputar pada kecepatan tinggi, biasanya pada 2400 rpm, 3600 rpm, 4800 rpm, atau 7200 rpm.
5)  jumlah track pada floppy disk lebih sedikit¾biasanya 40 atau 80. Kerapatan atau densitas tract biasanya 48 TPI (track per inch) atau 96 TPI. Pada HDD, densitas track memungkinkan lebih tinggi dan bahkan bisa sampai 1000 TPI. Jumlah track tergantung pada ukuran hard disk, 14”,8”,5”,3”, atau 2
6)  karena kecepatan rotasi hard disk lebih tinggi dari floppy diskette, maka densitas perekaman BPI(bit per inch) dalam HDD adalah lebih tinggi dari densitas pada FDD.
7.     RAID(Redundant Array of Independent Disks)
David patterson, Garth Gibson, dan Randy Katz dari unifersitas California menetapkan 7 tipe(disebut level) RAID  yaitu :
1)     RAID level 0
2)     RAID level 1
3)     RAID level 2
4)     RAID level 3
5)     RAID level 4
6)     RAID level 5
7)     RAID level 6

8.    PITA MAGNETIK
Pita magnetik biasanya(typical) mempunyai head baca/tulis tunggal dimana head untuk pembacaan dan penulisan dipisahkan. Pita magnetik lebih murah untuk penyimpanan data yang besar, tetapi lambat karena pada waktu mengakses bagian pita tertentu, head harus melewati bagian-bagian pita lain yang ada sebelumnya secara serial.

9.    DISK OPTIK
1)       Compact Disc
             Compact disk mempunyai kapasitas penyimpanan 74 menit audio dalam format stereo digital (2-kanal). Informasi yang dibaca dari suatu CD atau CD ROM menggunakan sinar laser daya rendah yang terdapat dalam optical-disc player atau drive unit.

2)        Digital Versatile Disk
             DVD menggunakan diameter piringan yang sama dengan CD yaitu 120mm/4,75 inch dan ada juga (jarang) 80mm(3,15 inch). DVD tersedia dalam dua versi yaitu sisi tunggal dan sisi ganda dengan satu-layer atau dual-layer informasi persisi.

10.       MODEM
                Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. Sebuah perangkat input /output modern melakukan link sebuah komputer ke saluran telepon untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya.
11.       SCANNER
Scanner adalah suatu perangkat input yang mengubah gambar dan teks menjadi sebuah data stream. Ada 4 jenis scanner yaitu:

12.       PLOTTER
Plotter adalah suatu perangkat outputgrafik yang digunakan untukmembuat gambar pada kertas.  Jenis plotter : pen plotter dan photo plotter.



               











0 Responses