Robot Karya Nasa Mendarat Di Planet

ROBOT KARYA NASA MENDARAT DI PLANET

Robot Kerya NASA Mendarat di Planet Mars
Berita Teknologi - Robot canggih bernama Curosity karya National Aeronautics and Space Administration (NASA) Amerika Serikat telah berhasil melakukan pendaratan pertamanya di Planet sahabat Bumi yaitu Mars. Robot canggih tersebut telah diluncurkan oleh NASA pada 26 November 2011 yang lalu dan dapat mendarat dengan sempurna pada awal Agustus ini tepatnya pada Senin (6/8) pukul 05.31 pagi GMT. Robot yang memiliki enam roda ini dilaporkan telah mendarat di sekitar kawah yang letaknya tak jauh dari garis equator dari planet Mars. Hal tersebut dilaporkan langsung oleh salah satu satelit milik NASA yaitu Satelit Odyssey yang mengorbit planet Mars.

Selama berada di planet Mars, Curiosity akan melakukan penjelajahan di permukaan Mars terutama pada kawah Gale Carter yang menjadi tempat robot ini mendarat yang berada pada ketinggian sekitar lima kilometer diatas permukaan planet Mars. Hal ini dikarenakan disekitar kawah tersebut mempunyai keragaman bentuk geologis sehingga membuat para ilmuwan ingin menyelidikinya dan ini terlihat dari foto-foto yang berhasil di ambil dan dikirimkan ke Bumi. Setelah beberapa saat mendarat Curiosity mengirimkan beberapa gambar hitam putih ke kantor NASA.

Proyek pembuatan robot Curiosity ini telah mengabiskan dana senilai 2,5 miliar dollar Amerika dan secara resmi proyek ini diberi nama Mars Science Laboratory. Proyek ini juga adalah misi astrobiology yang pertama di planet Mars semenjak Viking di era 197an. Pendaratan robot curiosity ini disaksikan langsung oleh para pengendali misi yang berada di Jet Propulsion Laboratory selain itu juga disaksikan oleh seluruh warga Amerika Serikat bahkan dunia karena disiarkan secara langsung melalui salah satu saluran televisi.

Penjeleajahan yang dilakukan oleh robot Curiosity ini menjadi langkah besar dalam sebuah eksplorasi antar planet dan belum ada negara atau suatu organisasi luar angkasa yang melakukan hal ini dan Amerika Serikatlah yang menjadi negara pertama yang melakukan penjelajahn ini. Dengan demikian robot canggih ini diharapkan dapat meneliti suatu molekul yang mendukung adanya sebuah kehidupan di planet Mars.

0 Responses